Selasa, 24 Januari 2017

JIPON,JILBOOBS

1.JIPON.
 
Istilah jipon merupakan kepanjangannya dari “Jilbab Poni“. Yap. Memakai kerudung, tetapi menampakkan rambutnya. Baik sedikit, maupun banyak. Kerudung jipon ini, kini mulai trend dikalangan anak muda. Biasanya kerudung model ini sering kali di modifikasi dengan celana jeans pensil atau leggingHaduh trend jaman sekarang itu emang sudah keluar dari syari’at islam. 
“Kenapa melanggar syari’at islam? Yang penting kan sudah berkerudung!”

What? Iya sih sudah berkerudung. Namun, rambut atau poni ini juga termasuk ke dalam kategori aurat lho. Kalau sengaja dikeluarin supaya terlihat cantik atau sebagainya, maka haram lah hukumnya memakai kerudung model jipon ini. Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW bahwa yang boleh terlihat dari wanita hanyalah wajah dan telapak tangan.
Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiallahu‘anha, beliau berkata,أَنَّ أَسْمَاءَ بِنْتَ أَبِي بَكْرٍ دَخَلَتْ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهَا ثِيَابٌ رِقَاقٌ فَأَعْرَضَ عَنْهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْهِAsma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda, “wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya. (HR. Abu Daud 4140, dalam Al Irwa [6/203] Al Albani berkata: “hasan dengan keseluruhan jalannya”)
Betul apa yang telah beliau katakan tentang batasan aurat wanita. Jilbab poni alias jipon ini memang telah melanggar syari’at islam. Untuk itu, kawan hijab wajib menghindari dari pemakaian kerudung model ini, ya  Pakailah pakaian yang telah ditetapkan oleh Allah SWT supaya terhindar dari hal-hal yang keji.
  
2. JILBOOBS
 
Waduh! Kalau ini sih lebih parah ya, kawan hijab. Istilah jilboobs ini kepanjangannya dari “Jilbab Boobs“. Apa itu boobs? Boobs adalah sebuah kata dari bahasa inggris yang artinya dada atau payudara. Dapat disimpulkan bahwa jilboobs adalah kerudung yang menampakkan dadanya.
Para wanita muslimah kini sudah banyak yang meremehkan tentang jilboobs ini. Sudah banyak dikalangan muda maupun ibu-ibu ketika memakai kerudung mereka selalu melilit-lilitkan kain kerudung atau memakai kerudung yang pendek sehingga bentuk dadanya terlihat atau tampak. Padahal hal ini sudah dilarang oleh Allah SWT  dan hukumnya haram. Mari kita simak ayat di bawah ini: 
وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya. (Q.S an-Nuur : 31)
Nah, itulah firman Allah SWT tentang perintah untuk para wanita muslimah supaya mereka mengulurkan kerudungnya hingga menutupi dadanya. That’s why, mengapa jilboobs tidak diperbolehkan dalam islam. Karena model ini tidak memenuhi syarat seperti yang telah dijelaskan oleh Allah SWT.
Seperti yang terjadi pada akhir zaman ini, para wanita sudah tidak memerdulikan hal ini. Waduh, tahukah kalian? Mengapa wanita paling banyak berada di neraka???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat IT bagi Remaja

1. Pengenalan jati diri Ilmu psikologi membantu remaja untuk mengetahui keadaan psikologi dirinya. Konsultasi psikologi membuka pemikiran...